Aneka Kue Kering untuk Hari Raya

Orang Indonesia selalu punya cara tersendiri untuk merayakan hari raya keagamaan. Selain tentunya melakukan ritual atau ibadah yang memang diwajibkan oleh agama, ada pula kebudayaan dan kebiasaan yang ikut turut serta. Sebut saja diantaranya kebiasaan membeli baju baru dan kebiasaan mudik.

Mudik menjadi salah satu tradisi yang penting setiap hari raya tiba. Mulai dari natal, tahun baru, hingga nyepi, masyarakat yang merayakan selalu ingin merayakannya bersama keluarga besar di kampung halaman. Perjalanan jauh rela ditempuh demi bisa berkumpul di momen yang penting itu. Alhasil, pemandangan padatnya jalanan hingga harga tiket transportasi umum yang melonjak naik menjadi hal yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia setiap tahunnya.

Ketika sudah berkumpul di kampung halamanpun hal-hal unik lainnya akan terjadi. Dunia kuliner Indonesia yang sangat kaya, misalnya, membuat makanan yang dihidangkan sangat beragam jenisnya di setiap tempat. Walaupun pastinya ada hidangan yang tak boleh tertinggal dan menjadi ciri khas dari hari raya tersebut.

Sebut saja lebaran. Rasanya tak komplit jika pada saat lebaran tak ada ketupat yang bisa disantap bersama-sama keluarga. Saking identiknya ketupat dengan lebaran di Indonesia, ketupat juga menjadi ornamen yang menghiasi berbagai tempat umum setiap kali lebaran hampir datang. Ketupat di rumah-rumah akan dihidangkan dengan berbagai lauk. Lauk yang paling umum di antaranya adalah opor ayam, rendang daging sapi, hingga soto. Ketupat tersebut akan lebih lengkap lagi jika disajikan bersama sampal goreng hati ayam dan emping melinjo.

Ketupat sendiri ada bermacam-macam bentuknya, sesuai dengan kebudayaan yang ada di masyarakat setempat. Ada yang dibungkus menggunakan anyaman daun kelapa, daun pisang, hingga plastik bening. Ketupat yang dibungkus menggunakan daun kelapa merupakan salah satu yang paling lezat. Selain teksturnya yang lebih lembut, ketupatnya juga mengeluarkan bau harum yang sangat khas dari daun kelapa. Karena dibuat dengan cara-cara yang alami tanpa bahan pengawet, ketupat biasanya hanya mampu bertahan 2 hingga 3 hari. Semakin tinggi kadar air di dalam ketupat maka akan semakin cepat pula basinya.

Selain ketupat, makanan lain yang tak boleh absen dari perayaan lebaran adalah kue kering. Bahkan nampaknya tradisi menyuguhkan kue kering ini ramai pula pada saat hari raya natal. Baik pada saat lebaran maupun natal, berbagai kue kering akan ditata di atas meja. Nantinya para tamu yang datang untuk bersilaturahmi akan mencicipi kue-kue tersebut. Kue kering yang dihidangkan juga dapat disantap oleh anggota keluarga sambil bercengkrama dan melepas rindu karena sudah lama tak berkumpul.

Selain kue kering, beberapa panganan ringan yang khas lainnya biasanya turut disuguhkan. Panganan tersebut antara lain seperti dodol, aneka keripik, kue bolu, dan lain-lain. Semuanya menjadi pelengkap yang membuat kumpul di hari raya bersama keluarga jadi lebih menyenangkan.

www.pexels.com

Aneka Kue kering untuk Lebaran

Kue kering yang biasa ditemukan pada saat lebaran ada yang terbuat dari resep tradisional hingga resep modern. Beberapa dari kue tersebut juga biasanya bisa ditemukan apabila Anda pesan snack box.

Setiap dari Anda tentu saja ingin menyuguhkan semua yang terbaik untuk keluarga besar yang tengah berkumpul. Ada beberapa kue kering yang sebaiknya tidak absen dari meja Anda pada saat hari raya tiba. Beberapa kue tersebut adalah:

  1. Nastar

Kue yang satu ini tentu sudah tak asing lagi di telinga Anda. Nastar adalah kue kering dengan cita rasa manis asam nanas yang sangat khas. Rasa nanas tersebut datang dari selai nanas yang dijadikan isian kue ini. Bahan-bahan untuk membuat kue nastar antara lain; terigu, margarin, mentega, maizena, kuning telur, susu bubuk, gula halus, dan tentunya selai nanas sebagai isian.

Membutuhkan keahlian dan keterampilan dalam membuat kue nastar agar nantinya hasil kue yang didapat terasa lembut dan hancur di mulut. Kue nastar ini biasanya memiliki bentuk bulat. Agar menambah aroma, di bagian atasnya bisa ditambahkan bunga cengkeh. Namun kebanyakan kue nastar yang dijual akhir-akhir ini lebih banyak yang menggunakan taburan keju sebagai topingnya.

Selai nanas yang digunakan sebagai isian kue nastar sebetulnya tak memiliki kriteria khusus. Anda bisa menggunakan selai nanas yang biasa ditemukan di pasar-pasar. Tetapi akan lebih baik jika Anda memilih selai yang tidak terlalu banyak ditambahkan gula atau pemanis lain. Rasa asam dari nastar justru akan menambahkan sensasi nikmat tersendiri di kue nastar.

Bila disimpan dengan tepat kue nastar bisa bertahan hingga 1 bulan lamanya. Kue bercita rasa nanas ini sebaiknya disimpan dalam toples bening yang tertutup rapat. Hindarkan juga kue ini dari sinar matahari langsung.

  1. Kastengel

Para penggemar keju tentunya tak akan melewatkan untuk mencicip kastengel pada saat hari raya. Kastengel memang biasa juga disebut dengan nama kue kering keju. Kue yang satu ini memang memiliki rasa keju yang sangat kaya. Bagaimana tidak, keju menjadi salah satu bahan utama di dalam adonannya dan masih ditambahkan pula dengan keju sebagai toping.

Bahan-bahan untuk membuat kue kastengel hampir mirip dengan bahan yang digunakan untuk membuat kue nastar. Bahan-bahannya adalah terigu, margarin, keju partu, maizena dan kuning telur. Selain itu siapkan juga keju kuning olesan kuning telur dan keju parut lainnya untuk dijadikan toping. Jenis keju yang digunakan sebaiknya adalah keju cheddar.

www.pexels.com

Kue kastengel selalu menjadi salah satu kue favorit setiap kali hara raya tiba. Apalagi anak-anak, rasa keju yang begitu gurih di kue ini tentu akan disukai oleh mereka. Kue kastengel sendiri biasanya dibuat dengan bentuk persegi panjang kecil yang bisa masuk mulut dalam sekali lahap. Toping keju yang garing karena ikut dipanggang memberikan sensasi kriuk yang sangat lezat pada kue ini.

Seperti halnya kue nastar, kue kastengel bisa bertahan hingga sebulan jika disimpan dengan baik dan benar. Jenis toples yang cocok digunakan untuk menyimpan kue ini adalah toples bening yang bertutup rapat agar kerenyahannya tetap terjaga.

  1. Kue Putri Salju

Selain nastar dan kastengel, kue putri salju juga hampir tak pernah ketinggalan menghiasi meja di hari raya. Kue dengan cita rasa manis yang khas ini memang menjadi kegemaran banyak orang. Apalagi jika kue terbuat dari bahan-bahan berkualitas sehingga begitu mudah hancur ketika sudah masuk mulut.

Bahan-bahan utama yang digunakan untuk membuat kue putri salju adalah tepung terigu, mentega, kacang mede, gula halus, gula bubuk, dan vanili. Bila ingin mendapatkan teksur terbaik sebaiknya gunakanlah tepung terigu yang memiliki kandungan protein rendah. Setelah itu, jangan lupa siapkan gula halus atau sebagai bahan taburan kue.

Nama putri salju diambil dari rupa kue yang ditaburi butiran gula halus. Taburan tersebut nampak seperti salju. Bedanya, alih-alih dingin salju pada kue kering yang satu ini justru memiliki cita rasa manis yang bisa membuat saja ketagihan.

www.pexels.com

Jika Anda berniat membuat kue putri salju sendiri, ingatlah untuk tidak langsung menaburinya dengan gula halus ketika baru dikeluarkan dari oven. Hal tersebut bisa membuat gula meleleh dan teksturnya menjadi lengket. Biarkan dulu kue selama beberapa saat hingga mendingin. Jika sudah baru taburkan gula halus. Atau Anda juga menggulingkannya di dalam wadah yang berisi gula halus agar semua bagian kue terselimuti gula. Jangan lupa campurkan sedikit vanili dalam gula halus agar aromanya menjadi sedap.

  1. Kue Lidah Kucing

Kue lidah kucing merupakan salah satu kue kering yang tercipta dengan pengaruh belanda yang kental. Kue ini memang sudah dikenal sejak Belanda masih menduduki Indonesia. itulah mengapa cita rasa yang dimiliki kue ini cukup mirip dengan kue egg roll yang menjadi kegemaran masyarakat Belanda sana. Bedanya, kue ini tidak berbentuk roll kering melainkan memiliki bentuk yang pipih dan kecil.

Kue lidah kucing terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran. bahan-bahan tersebut adalah tepung terigu, gula halus, mentega, margarin, putih telur, dan vanili. Semua bahan tersebut dicampur menggunakan mixer hingga mengembang. Setelah itu barulah dicetak menjadi bentuk pipih kecil yang menyerupai bentuk lidah kucing.

Kue ini memiliki tekstur yang renyah. Mencicipinya sekali dijamin akan membuat Anda ketagihan. Agar teksturnya yang renyah tetap terjaga kue lidah kucing perlu disimpan di dalam wadah yang kedap udara. Jika disimpan dengan tepat, kue ini bisa bertahan hingga lebih dari 1 bulan lamanya.

www.pexels.com
  1. Kue kering Coklat

Rasanya mustahil ada manusia yang tidak menyukai coklat. Itulah mengapa kue kering dengan cita rasa coklat juga selalu hadir untuk menyemarakkan hari raya. Berbeda dengan nastar dan kastengel yang sudah memiliki bentuk khasnya masing-masing, kue coklat biasanya dibuat menggunakan berbagai bentuk cetakan yang lucu hingga sangat digemari oleh anak-anak.

Membuat kue kering coklat tidaklah sulit. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu, mentega, gula halus, coklat bubuk, susu bubuk dan kuning telur. Anda juga bisa menyiapkan bahan lain sebagai toping seperti choco chip atau kacang mede dan kacang almond.

Anda bisa menggunakan cetakan berbagai bentuk untuk membuat kue kering yang satu ini. Namun pastikan ukurannya tidak terlalu tebal. Ukuran yang terlalu tebal akan membuat tekstur kue menjadi kurang renyah dan kurang sedapsaat dinikmati. Seperti halnya kue kering lain, kue coklat juga harus disimpan di dalam wadah kedap udara agar teksturnya tidak berubah dan dapat bertahan lama.

Membuat kue kering sendiri bisa menjadi sebuah proses yang sangat menyenangkan menjelang hari raya. Apalagi bila Anda membuatnya bersama-sama dengan orang tersayang. Namun Anda yang tak punya cukup waktu untuk membuatnya sendiri tak perlu khawatir. Kue kering juga banyak dijual dengan kualitas yang tak kalah oke dengan bikinan sendiri.

Membeli kue kering di tempat pesan snack box bisa menjadi salah satu pilihan mudah. Anda juga mungkin bisa mempertimbangkan membeli aneka snack lain sebagai suguhan untuk keluarga dan tamu yang berkunjung di hari raya. Pastikan Anda membeli semua makanan tersebut dengan kualitas yang oke agar suana hari raya jadi makin sempurna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *